logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Kerja Asik dan Keren di Event Organizer

Penyelenggraan Konser Musik Melibatkan Event Organizer (Foto: Daniel/Flickr)
Kesibukan mahasiswa yang utama tentu saja adalah belajar, namun sibuk dengan kegiatan non-akademik di kampus juga bisa bermanfaat untuk pengembangan diri.  Contoh kegiatan non-akademis ini misalnya festival-festival yang bisa menjadi sarana pembelajaran bagi mahasiswa tentang bagaimana mengelola suatau acara.

Beberapa tahun belakangan, berbagai macam festival diadakan di berbagai tempat. Kampus rekan-rekan pembaca blog ini tentu memiliki festival tertentu setiap tahunnya, jika tidak kampus, paling tidak kota tempat tinggal rekan-rekan tentu punya festival. Festival ini tentu tidak serta merta terjadi dengan sendirinya, festival yang sukses bisa berjalan berkat adanya kerjasama tim yang kompak, efektif dan efisien. Tim ini biasa kita kenal sebagai event organizer.

Bagi yang senang dengan keramaian dan sangat bersemangat saat berinteraksi dengan orang banyak, menjadi EO adalah sebuah peluang yang sangat menarik. Ada banyak pekerjaan yang berhubungan dengan EO dalam merancang dan melangsungkan suatu acara atau festival, dan pekerjaan-pekerjaan tersebut adalah pekerjaan yang relatif menarik dan menyenangkan bagi banyak orang. Selanjutnya, apa saja yang dikerjakan oleh EO? Uraian berikut ini mungkin bisa memberikan gambaran tentang bagaimana bekerja menjadi EO, barangkali ada yang berminat untuk mendirikan perusahaan EO atau menjadi menjadi bagian darinya.

Pemasaran Event

Jika anda mellihat iklan di internet atau di jalan, media massa atau dimana saja, atau anda mendapatkan email tentang suatu kegiatan atau festival, maka itulah hasil kerja dari Events Marketer. Untuk kerja yang satu ini, EO bisa saja memiliki karyawan sendiri, namun bisa juga menyewa pihak ketiga yang sudah memiliki sumber daya atau media yang mumpuni untuk publikasi kegiatan.

Manajer Sosial Media

Tidak dapat dipungkiri, social media menjadi salah satu media paling efektif untuk menyebarkan berita. Karena itu social media saat menjadi salah satu alat paling ampuh untuk publikasi suatu kegiatan. Jika anda adalah orang yang sangat aktif di social media dan cukup populer, anda punya kapasitas untuk menjadi seorang social media manager. Lulusan jurusan kuliah teknik informatika atau ilmu komunikasi adalah orang yang cocok untuk posisi ini.
Baca juga:
10 Alasan Kuliah di Jurusan Komputasi atau Teknologi Informasi
Prospek Kerja Jurusan Kuliah Teknik Informatika

Koordinator Transportasi dan Akomodasi

Sebuah acara besar seperti festival biasanya mengumpulkan banyak orang dari berbagai tempat. Mengurus biaya transportasi dan penginapan, begitu banyak orang dalam waktu yang singkat bukanlah sebuah tugas yang mudah, karena itu dibutuhkan satu atau beberapa orang yang khusus bertanggung jawab untuk ini. Seseorang dengan latar belakang pendidikan keuangan atau akuntasi akan sangat sesuai untuk urusan yang satu ini. Lulusan jurusan manajemen cocok untuk posisi yang satu ini.

Public Relations / Communications Manager

Untuk mempublikasikan sebuah acara atau festival, umumnya orang akan memublikasikannya di blog, majalah, televisi atau radio. Jika kita ingin agar bahasa dari publikasi tersebut berkesan positif dan sangat persuasif tanpa memaksa,  maka kita membutuhkan seorang event public relations or atau manajer komunikasi yang bertugas untuk mengatur laporan keluar atau komunikasi yang berhubungan dengan festival. Umumnya public relation dikerjakan oleh lulusan Ilmu Komunikasi.
Baca juga:
Prospek Jurusan Kuliah Ilmu Komunikasi

Sponsorship / Sales Manager

Sponsor adalah salah satu alasan diadakannya sebuah festival, umumnya sebagian keuntungan dari sebuah kegiatan besar didapatkan dari adanya sponsor. Pihak sponsor biasanya tidak terlibat langsung dalam kegiatan. Keterlibatan sponsor adalah sebagai penyedia dana dengan pertimbangan bahwa dengan acara atau festival tersebut mereka bisa terhubung dengan konsumen potensial mereka. Untuk ini, produser festival perlu meyakinkan mereka. Hal ini bukanlah sebuah yang mudah, dibutuhkan kemampuan negosiasi yang sangat baik untuk hal ini.

Desainer

Setiap festival membutuhkan adanya kesan visual yang kuat dan mudah ditangkap mata sehingga bisa membuat anda tertarik dan terhibur, untuk ini dibuat iklan-iklan mulai dari poster, banner, dekorasi set, buklet, website,  hingga merchandise . Untuk kepentingan ini dibutuhkan sebuah tim desainer yang bisa mencakup desainer visual, desainer set, desainer grafis, desainer produk.
Baca juga:
Prospek Kerja Jurusan Kuliah Desain Interior
Menjadi Graphic Designer
Waktu-waktu Kita Menjadi Sangat Kreatif
Prospek Kerja Jurusan Kuliah Desain Komunikasi Visual

Produser Kegiatan

Seorang Produser kegiatan adalah seorang koordinator yang mengkoordinasikan semua komponen yang terlibat, mulai dari tapak tempat berlangsungnya festifal hingga bagaimana festival itu berjalan, kemampuan dari pemain utama, kualitas dari pengalaman pengunjung dan detail kebutuhan logistik seperti budget, timeline kegiatan dan banyak lagi kebutuhan lainnnya. Tugas yang satu ini adalah tugas yang sangat tidak mudah dan bukan jatahnya  pemula, tapi jika anda yakin dengan kemampuan anda, berfokus pada detaill dan mau bekerja keras, posisi yang satu ini mungkin sesuai untuk anda.

Pencari bakat

Seorang pencari bakat bertugas untuk mencari orang-orang yang potensial untuk menjadi pengisi acara festival (saat ini dikenal sebagai talent). Selain mampu melihat bakat, pencari bakat ini juga harus bisa menegosiasikan anggaran dan kontrak pembayaran, dan memastikan bahwa talent dalam kondisi yang baik selama berlangsungnya kegiatan.

Akuntan

 Setiap festival yang sah membutuhkan staf akuntansi untuk mengawasi anggaran, faktur, pajak dan biaya, dan untuk menganalisis berbagai cara untuk meningkatkan pendapatan. Ada banyak praktek khusus untuk akuntansi untuk acara besar, sehingga perusahaan festival sering mencari akuntan berpengalaman untuk bekerja dengan mereka.
Baca juga:
Prospek Kerja Jurusan Kuliah Akuntansi

Teknisi Audio dan Visual

Mulai dari desain pencahayaan hingga teknik suara, ada banyak pekerjaan dibalik gemerlapnya cahaya dan dentum suara dalam sebuah festival. Suatu festival harus  mempekerjakan teknisi dan desainer audio dan visual untuk memastikan setiap tampilan cahaya dan suara bisa menghibur pengunjung.
Baca juga:
Membangun Karir Menjadi Fotografer Profesional

Koordinator relawan

Kebanyakan festival "menyewa" tim relawan untuk membantu kerja-kerja di belakang layar dan berbagai tugas yang diperlukan untuk membuat acara berjalan lancar. Dengan menjadi relawan, anda mungkin setidaknya bisa mendapatkan tiket gratis. Tergantung pada ukuran festival, tim relawan bisa berjumlah 100 sampai 200 orang, atau kadang-kadang lebih. Dalam banyak kasus, festival mempekerjakan seorang koordinator relawan untuk kedua merekrut dan mengelola relawan.

Tim operasional

Tentu saja, festival tidak bisa hanya mengandalkan sukarelawan untuk mendapatkan angkat berat dilakukan. Banyak festival mempekerjakan tim operasi untuk membantu tugas-tugas yang diperlukan tapi kadang-kadang sulit yang perlu untuk dilakukan di tempat, seperti membangun set, memberikan peralatan dan perlengkapan, menjaga makan staf, membersihkan, dan hal lain yang mungkin timbul selama acara.

Tim Teknis

Suatu EO tentu saja tidak bisa mengharapkan voluntir untuk mengerjakan tugas-tugas berat yang harus diselesaikan dengan cepat sebelum, sedang atau setelah acara selesai. Termasuk tugas-tugas ini misalnya membangun set, mengirimkan perlengkapan dan suplai, mengurus konsumsi semua staff, membersihkan tempat kegiatan atau beragam kegiatan lainnya yang mungkin muncul selama event berlangsung.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger