logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Jurusan Matematika tidak Akan Membuat Kamu Menyesal


Dalam dunia pendidikan, Matematika itu seperti materi inti yang hampir selalu kita pelajari. Sebagai mahasiswa, setidaknya kita harus memahami matematika tingkat dasar. Matematika dapat dikatakan sebagai ilmu dasar, sebuah ilmu yang menjadi bahasa untuk menjelaskan dunia. Matematika menjadi bahasa untuk memahami berbagai masalah yang dihadapi manusia pada  saat ini, karena itu, berhubungan dengan dunia kerja, matematika termasuk jurusan yang menawarkan masa depan yang sangat baik. Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin perlu kawan-kawan baca tentang kenapa matematika adalah bidang atau jurusan kuliah yang sangat menjanjikan untuk kita.

Apa untungnya mempelajari matematika lebih mendalam?

Jawaban pertanyaan diatas akan kembali kepada pada apa pengertian dari matematika. Sama seperti bahasa yang menyediakan pondasi atau aturan yang kita perlukan dalam berkomunikasi, matematika menggunakan bahasa sendiri, terdiri dari angka, simbol dan formula, untuk mengeksplorasi aturan yang kita perlukan untuk mengukur atau mengidentifikasi berbagai masalah seperti jarak, kecepatan, waktu, ruang, perubahan, kekuatan dan jumlah, hingga probabilitas yang sangat terpakai dalam bidang ekonomi.

Belajar matematika membantu kita menemukan pola dan struktur dalam kehidupan kita. Praktis, matematika membantu kita memberi nilai pada berbagai hal seperti membuat grafik, membangun website, membangun gedung pencakar langit dan umumnya memahami bagaimana sesuatu bekerja atau memprediksi bagaimana mereka bisa berubah dari waktu ke waktu dan dalam kondisi yang berbeda.

Matematika memungkinkan kita memprediksi masa depan

Sebagai contoh, misalnya saat kita melakukan sebuah perjalanan, mempelajari matematika dapat membantu kita memperhitungkan kecepatan, waktu dan jarak sehingga kita bisa memperkirakan kapan kita akan sampai di tujuan kita. Dalam bidang ekonomi, dengan memperhitungkan besarnya modal, permintaan pasar serta faktor-faktor produksi, kita bisa memperkirakan berapa keuntungan yang akan kita dapat dan berapa waktu yang kita butuhkan untuk mendapatkan keuntungan tersebut.
Dalam pengertian ini, belajar matematika membantu memprediksi masa depan.

Matematika berubah sepanjang waktu

Matematika adalah ilmu yang sangat dinamis, matematika juga terus berkembang dan berubah karena ahli matematika dan ilmuwan dari  berbagai bidang selalu berusaha memperluas apa yang sudah mereka ketahui untuk menemukan teori-teori baru atau membuat suatu penemuan baru yang bermanfaat untuk kehidupan manusia.

Hingga saat ini matematikawan dan filsuf masih berdebat setelah berabad-abad tentang definisi yang tepat dari matematika sehingga kita tidak bisa mengklaimnya dengan pemahaman kita sendiri. Namun satu hal yang pasti adalah bahwa matematika bukan hanya tentang menghitung jarak atau jumlah barang, karena matematika sangat kompleks dan memiliki implikasi yang sangat luas dalam berbagai bidang kehidupan.

Apa kemampuan yang bisa kita dapatkan dengan mempelajari matematika?

Matematika adalah salah satu bidang studi yang terbaik untuk mengembangkan kemampuan analisis, penelitian dan pemecahan masalah. Tidak hanya memberikan pengetahuan untuk mengatasi masalah ilmiah, mekanika, coding dan masalah abstrak, memelajari matematika juga akan membantu Anda mengembangkan logika untuk menangani isu-isu sehari-hari seperti proyek perencanaan, pengelolaan anggaran dan bahkan berdebat secara efektif.

Karir terbaik untuk lulusan jurusan matematika?

Seorang lulusan jurusan matematika memiliki peluang untuk bekerja hampir di  semua bidang, secara lebih spesifik, sarjana matematika bisa bekerja di bidang: akuntansi, kedokteran, teknik, patologi forensik, keuangan, bisnis, konsultasi, pengajaran, teknik informatika, pengembangan game, penelitian ilmiah, pemrograman, layanan sipil, desain, konstruksi dan astrofisika.

Seorang juru bicara dari sebuah Institut Matematika dan Aplikasi mengatakan: "matematika menyediakan dasar yang kuat untuk kajian ilmiah, bidang teknik dan dapat menjadi batu loncatan untuk mulai masuk ke berbagai jenis karir, seperti di bidang keuangan, kedokteran, pertanian ... dll

Mata Kuliah yang berhubungan dengan Matematika?

Menurut Russell Grup dalam panduan pemilihan informasi, Matematika adalah  subjek yang "memfasilitasi", artinya matematika membantu Anda untuk dapat mempelajari dan memahami banyak mata kuliah lain dan membantu anda untuk mendapatkan banyak peluang karir yang berbeda.

Matematika membantu mendukung studi mata kuliah seperti fisika, kimia, teknik, IT, ekonomi, bisnis dan biologi. Bahkan, kenyataannya, hampir semua jurusan di perguruan tinggi memasukkan matematika sebagai salah satu mata kuliah wajib, atau setidaknya sebagai salah satu bahasan dalam salah satu mata kuliah.
Baca juga:
Prospek Kerja Jurusan Matematika
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger