logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Jurusan Kuliah dengan Lapangan Kerja Paling Luas

Bingung saat menentukan jurusan apa yang akan dipilih saat akan mengikuti SMPTN selalu terjadi setiap tahunnya terhadap siswa SMA yang baru  menamatkan sekolahnya. Dari sekian banyak pertimbangan untuk memilih, salah satunya adalah bagaimana peluang kerja dari lulusan jurusan yang kita pilih. Berikut ini saya coba sedikit memberikan informasi tentang jurusan kuliah dengan lapangan kerja paling luas;

Jurusan Teknik

Jurusan teknik yang dimaksud disini adalah jurusan-jurusan yang terdapat di fakultas teknik. Ilmu-ilmu yang terdapat di jurusan teknik adalah ilmu yang terus berkembang, terus terpakai secara luas hampir di semua bidang kehidupan. Jurusan teknik memiliki prospek yang sangat cerah dikarenakan ilmunya yang aplikatif dan membantu manusia untuk mempermudah berbagai aktifitas manusia. Beberapa jurusan pada bidang teknik dengan peluang kerja paling luas misalnya:

  • Jurusan Teknik Sipil, dengan kondisi infrastruktur dan fasilitas umum di berbagai daerah yang masih jauh dari memadai, membuat  kebutuhan lulusan jurusan teknik masih sangat tinggi di Indonesia (Baca juga: Prospek Kerja Teknik Sipil),
  • Jurusan Teknik Elektro, ilmu pada bidang teknik elektro sangat terpakai dalam kehidupan manusia saat. Jurusan teknik elektro banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahan besar yang bergerak di bidang pengembangan teknologi. Hanya sedikit sekali manusia yang tidak menggunakan listrik dan alat elektronik pada saat ini, handphone atau smarphone, atau televisi. Hampir semua alat rumah tangga pada saat ini menggunakan listrik. Bahkan mobil dan motor menggunakan alat elektronik untuk (Baca juga: Prospek Kerja Teknik Elektro),
  • Teknik Kimia, jurusan teknik yang satu ini membahas tentang penerapan ilmu-ilmu kimia, terutama dalam skala industri. Meningkatnya berbagai kebutuhan manusia akan berbagai makanan, obat-obatan, dan kosmetika menjadikan jurusan teknik kimia memiliki prospek yang luas, karena Teknik kimia dapat berhubungan dengan industri-industri berbagai produk tersebut (Baca juga: Prospek Kerja Teknik Kimia, Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri )

Jurusan Komputer dan Informatika

Era digital yang semakin deras mengalir di millnenium ketiga ini membuat kebutuhan akan teknologi komputer semakin tinggi.  Teknologi komputer saat ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat modern, banyak hal dalam hidup kita yang telah diintegrasikan ke dalam sistem komputerisasi.  Misalnya sistem kelistrikan, sitem kependudukan, sintem komunikasi, sistem keamanan dan pertahanan dan yang paling besar ketergantungannya adalah sistem perdagangan dunia.  Kebutuhan orang-orang yang ahli dalam bidang ini seolah-olah bisa dikatakan hampir tidak terbatas.  Jadi jangan khawatir dengan persaingan kerja, yang perlu dipikirkan adalah persaingan untuk masuk ke jurusan informatika, terutama untuk universitas yang bergengsi. Jurusan ini bisa mencakup tapi tidak terbatas pada jurusan teknik informatika (F. Teknik) dan sistem komputer (MIPA).
Baca juga:

Jurusan Akuntansi

Akuntansi dulunya bernama tata buku, berhubungan dengan pencatatan keuangan.  Perkembangan dunia usaha dalam bidang apapun memerlukan pencatatan keuangan yang baik, dan lulusan akuntansi adalah orang-orang yang paling ahli dalam hal ini.Jurusa Hal ini menjadikan Akuntansi termasuk jurusan dengan peminat yang banyak, dan biasanya didominasi kaum hawa. Lulusan akuntasi biasanya paling banyak bekerja di bidang perbankan, jasa konsultan, dan perusahaan-perusahaan swasta.  Peluang menjadi pegawai negeri juga sangat banyak, bahkan mungkin yang paling banyak diperlukan pemerintah (karena pemerintah banyak masalah keuangan). Baca lebih lanjut tentang Perkuliahan dan Prospek Kerja Jurusan Akuntansi.
Baca juga: Prospek lapangan Kerja Jurusan Ekonomi Manajemen

Jurusan Pendidikan/ Guru

Pendidikan, seribu masalah yang masih terus mendera masyarakat Idonesia.  Mulai dari masalah minimnya fasilitas, biaya yang mahal, hingga ditataran kebijakan yang berubah setiap pemimpinnya berubah. 
Jurusan pendidikan disini maksudnya adalah semua jurusan yang ada di bawah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Guru, adalah salah satu permasalahan yang masih sulit untuk di capai penyelesaiaannya. Jumlah guru yang masih sangat kurang, terutama di daerah-daerah terpencil membuat dunia pendidikan sulit untuk berkembang. Mengingat hal tersebut, lapangan kerja untuk menjadi guru masih sangat terbuka luas.  Tapi tetap, pikirkan peluang kamu untuk diterima di jurusan di universitas yang kamu tuju.
Baca juga: Guru, Profesi yang Semakin Diminati
Disini saya sendiri tidak mengatakan jurusan lain selain tiga diatas tidak memiliki lapangan kerja yang luas, ini hanya pendapat saya berdasarkan pengamatan pribadi juga.  Pada dasarnya semua jurusan memiliki peluang kerja atau prospek kerja luas, tapi kembali kepada kita sendiri, konsisten dan pantang menyerah, selanjutnya serahkan pada Yang Maha Kuasa.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

38 comments

mas............
sya tanya .......
Jurusan manajemen sama akuntansi itu beda apa tidak?
klo beda mohon pencerahannya.........
jrusan manejemen peluang kerjanya banyak apa tidak ?

Balas

manajemen dan akuntansi biasanya adalah dua jurusan berbeda yang ada di fakultas ekonomi,
kalau manajemen, bahasannya terkait dengan bagaimana mengatur/memimpin orang atau perusahaan... dsb...

kalau akuntansi membahas berbagai hal yang terkait dengan keuangan, istilah lamanya pembukuan...

untuk manajemen, masalah banyak atau tidak peluangnya saya juga kurang tahu, kalau sebarannya: mungkin kebutuhan manajemen di pemerintahan tidak sebanyak akuntansi, lebih banyak di swasta sebagai manajer (pimpinan)misalnya manager pemasaran, manager HRD dsb ...

Balas

mas saya mau nnya. saya kan jurusan nya it jadi di semester 6 ini sya diwajibkan untuk mengambil mata kuliah konsentrasi. jadi mata kuliah yang saya ambil multimedia.
apakah peluang kerja untuk multimedia itu besar?

Balas

alhamdulillah ternyata jurusan saya masuk dalam kategori ditas :-)

Balas

Anonymous
Multimedia, di jaman digital saat ini, saya yakin jurusan multimedia memiliki peluang kerja yang sangat besar, apalagi kalau kamu benar-benar menguasai multimedia dengan baik. Menurut saya lapangan kerja untuk orang multimedia yang terutama adalah dalam bidang advertising. Kalau ada pembaca yang punya info lebih valid mohon sharing ya... :-D

Mbak Yulia Daud, Alhamdulillah, mudah-mudahan selalu sukses ya dengan bidangnya... Amin :-D

Balas

mas saya mau tanya, teknik informatika sama sistem informasi beda nggak? kalo beda, beda pada bagian mana?

Balas

saya masih siswa SMA tapi belum menentukan jurusan yang mau diambil. saya masih ragu dengan omong2an orang. saya jurusan IPA di sekolah saya. kira2 kalau ambil jurusan akutansi itu bisa gak???
sebenarnya saya mau ambil jurusan kedokteran tapi saya ikuti kemauan ortu, saya juga mengerti keadaan ekonomi kluarga saya. makanya saya tidak ambil jurusan dokter.
kcii informsinya yaa.... supaya gak bingung dan ragu lagi
makasih =D

Balas

bagaimana dengan lulusan tkj ??? masih bingung buat milih jurusan yang cocok, yang banyak peluang kerjanya juga

Balas

thank ya bro informasinya....!!!!

Balas

mas,.. saya kan jurusan IPA mau nyari akutansi gmna mas? bsa kaga?

Balas

mas bgaimana dgn jurusan d bdg pertanian Dan khutanan.. APA saat INI masih bnyak lowongan kerjanya ??
mhon infonya jg kwaan2

Balas

mas Rio Gusti,
bidang pertanian selalu punya prospek yang luar biasa, karena setiap hari kita butuh makanan yang dihasilkan oleh petani, beras, sayur, buah, prospek jurusan pertanian yang paling utama sebenarnya adalah menjadi petani atau wirausahawan pertanian, untuk peluang kerja kantoran, lulusan pertanian kebanyakan dibutuhkan bidang perbankan dan industri terkait...
lebih lengkapnya silahkan dibaca di link ini
http://skalamahasiswa.blogspot.com/2014/06/peluang-kerja-jurusan-agronomi.html

untuk lulusan kehutanan, memang hutan Indonesia semakin berkurang, tapi bukan berarti habis, prospek lulusan jurusan kehutanan termasuk masih luas, saat ini juga bidang kehutanan telah dikembangkan tidak hanya melulu tentang kayu, tetapi juga terkait hasil hutan non kayu dan biodiversitasnya, untuk kerja kantorannya, lulusan kehutanan bisa bekerja di perusahaan hutan tanaman industri atau PNS..
lebih jelas silahkan baca dilink ini...
http://skalamahasiswa.blogspot.com/2014/02/peluang-kerja-lulusan-fakultas-kehutanan.html

Balas

mas . Kira2 di univ mana ya yg ada fakultas kehutanan nya ?? terutma untuk wilyah sumatra

Balas

jurusan kehutanan di sumatra antara lain di sekolah tinggi ilmu kehutanan aceh, Universitas Sumatra Utara, universitas Riau, Universitas Lancang Kuning Riau, Univ. Muhammadiyah Sumbar, Univ. Bengkulu, Univ. Lampung,
semoga info ini membantu ya... jangan segan bertanya lagi... :)

Balas

oke mass.. mkasih banyak.. ngebantu bgt

Balas

pilih ahli TI,DOKTER APA AHLI KIMIA ,

Balas

pilih yang kamu senangi... :)

Balas

Kalo ambil jurusan elektro/audio video bisa nggak kita jadi polisi? Atau jurusan apa aja yang hasus saya ambil di smk klo mau jadi polisi?

Balas

lulusan semua jurusan di smk bisa jadi polisi mas,

Balas

Kalo buat anak SMK yang ambil jurusan elektro/audio video bisa nggak jadi polisi..? Klo ngak jurusan apa aja yang bisa..?

Balas

mas saya sekolah di SMA jurusan IPA,saya mau nanya dong bisa nggak saya masuk jurusan akutansi dan itu pelajarannya kaya gimana ?
tolong infonya ya mas makasih... :)

Balas

setahu saya bisa aja mas, syarat masuk pendidikan polisi itu pendidikan minimal SMA atau sederajat (seperti SMK juga)...

Balas

lulusan jurusan IPA bisa saja masuk ke Akuntansi, sesuai judulnya, bidang akuntansi membahas ilmu pembukuan keuangan, biasanya kelas 10 dapat pelajaran akuntansi... jurusan akuntansi setahu saya banyak dibutuhkan, untuk kuliah juga bisa relatif cepat selesai...

Balas

mas kalau jurusan perikana gimana ?

Balas

dengan status Indonesia sebagai negara maritim dengan kekayaan laut yang sangat melimpah, perikanan tentu memiliki prospek lapangan kerja dan kesempatan usaha yang luas mas Fachrul, jika sudah kuliah di jurusan tersebut, in sya Allah mas-nya bisa mendapatkan banyak informasi terkait peluangnya... :)

Balas

mas mau nanya jurusan teknik sipil dengan perencanaan wilayah dan kota, ada hubungannya atau tidak ?

Balas

sipil dan perencanaan wilayah dan kota adalah jurusan yang terpisah, tapi secara keilmuan masih berhubungan dekat, bahasan sipil lebih spesifik ke infrastruktur, sedangkan PWK membahas perencanaan secara spasial (keruangan), misalnya (secara sederhana), PWK merencanakan dimana jalan atau pasar akan dibangun, sipil yang akan membangunnya... ini hanya contoh sederhana...

Balas

Kalau animasi bagaimana kaka?

Balas

Saya lulusan sarjana bahasa inggris' mau kerja di perhotelan atau perusahaan di luar negri gmna caranya

Balas

caranya dicari aja mas kerjaannya, mas juga bisa gabung di jobstreetdotcom, mas bisa mendapatkan informasi terupdate tentang lowongan pekerjaan di sana...

Balas

Mas, kalo masuk difakultas MIPA bisa gak jdi guru masuk PNS gitu atau honor?

Balas

jawabannya sama kayak yang di artikel jurusan fisika mbak... :)

Balas

Mau nanya. Lulusan jurusan Pendidikan apakah kerjanya hanya menjadi Guru saja? Saya dr Jurusan Pend. Ekonomi

Balas

setahu saya, lulusan pendidikan bisa bekerja di banyak bidang, tapi kalau untuk masuk ke perusahaan mungkin sulit mas, jadi peluang terbesar adalah menjadi guru...

Balas

Mau nanya nih gedean mana peluang masuk fakultas teknik sipil atau teknik industri?

Balas

peluang masuk kuliahnya maksudnya ya mas? itu tergantung kampusnya masing2, mungkin bisa dilihat dulu record tahun2 sebelumnya mas...

Balas

Mas kalau ekonomi syariah lapangan pekerjaannya luas ga ya?

Balas

Masih bingung antara jurusan perbankan syariah atau bhs.inggris..mohon sarannya..terimah kasih

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger