logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Gambaran Struktur Organisasi Universitas

Beberapa hari yang lalu pemerintah telah mengumumkan daftar nama calon mahasiswa yang telah lulus seleksi ujian masuk perguruan tinggi. Bagi yang lulus, kuatkan tekad untuk belajar dengan serius demi orang tua dan masa depan. Bagi yang belum lulus, dunia belum berakhir, mungkin bisa coba tahun depan atau cari alternatif lain.

Buat yang sudah lulus, kami ingin sedikit berbagi cerita tentang seluk beluk dari sebuah perguruan tinggi yang disebut universitas. Universitas adalah salah satu bentuk perguruan tinggi, bentuk lainnya misalnya Institut, akademi, sekolah tinggi dan politeknik. Khusus kali ini, kita akan membahas apa yang dimaksud dengan universitas.

Pengertian Universitas

Menurut Wikipedia,
Universitas adalah suatu institusi pendidikan tinggi dan penelitian, yang memberikan gelar akademik dalam berbagai bidang. Sebuah universitas menyediakan pendidikan sarjana dan pascasarjana. Kata universitas berasal dari bahasa Latin universitas magistrorum et scholarium, yang berarti "komunitas guru dan akademisi".

Struktur dan kepemimpinan

Pemimpin tertinggi suatu Universitas disebut sebagai Rektor, dalam aktifitas sehari-harinya, seorang Rektor dibantu oleh beberapa orang Wakil Rektor (dulu disebut Pembantu Rektor) yang umumnya berjumlah empat orang. Wakil Rektor memiliki tugas masing-masing, umumnya yaitu:
Wakil Rektor I, mengurusi bidang Akademik
Wakil Rektor II, mengurusi bidang Administrasi Umum dan Keuangan
Wakil Rektor III, mengurusi bidang Kemahasiswaan dan Alumni
Wakil Rektor IV, mengurusi bidang Bidang Perencanaan, Kerjasama.

Lembaga-lembaga

Universitas umumnya memiliki Lembaga Penelitian dan Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat. Kedua lembaga tersebut bertugas melaksanakan dua dari tiga isi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat. Kedua lembaga ini biasanya tidak berhubungan langsung dengan mahasiswa, kecuali dalam kondisi tertentu.

Biro-biro

Biro adalah unit pelaksana pembantu pimpinan universitas, mereka bertugas sesuai dengan namanya masing-masing, yaitu:
Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan
Biro Administrasi Umum dan Keuangan
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi.
dan biro lainnya.
Biro yang penting untuk kamu ketahui adalh Biro Akademik dan Kemahasiswaan, karena Biro ini adalah biro yang mengurusi berbagai hal tentang mahasiswa, termasuk beasiswa.

Fakultas

Secara umum fakultas diartikan sebagai sebuah divisi dalam sebuah universitas yang terdiri dari suatu area subyek, atau sejumlah bidang studi terkait. Misalnya Fakultas Pertanian, memiliki area subjek pertanian seperti budidaya pertanian dan area terkaitnya seperti sosial dan ekonomi pertanian. Fakultas dipimpin oleh seorang dekan yang dibantu oleh beberapa wakil dekan. Fakultas adalah struktur akademik universitas yang berhubungan langsung dengan mahasiswa. Fakultas membawahi jurusan dan program studi.

Jurusan

Jurusan kuliah adalah subdivisi dari Fakultas yang memiliki subjek akademik yang spesifik, misalnya Jurusan Biologi membahas berbagai hal mengenai Biologi, jurusan Matematika membahas ilmu-ilmu Matematika dan lain sebagainya. Beberapa perguruan tinggi menggunakan nama lain untuk menyebut jurusan, yaitu departemen. Departeman kemungkinan digunakan perguruan tinggi yang sudah memiliki program Pascasarjana di jurusan tersebut. Misalnya di IPB, pada Fakultas Pertanian terdapat Departemen Agronomi dan Hortikultura, Departemen Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan, Departeman Hama dan Penyakit Tanaman, serta Departemen Arsitektur Lansekap. Masing-masing departemen tersebut sudah memiliki program Pascasarjana.
Baca juga:
Prospek Kerja Jurusan Kuliah Agronomi
Prospek Kerja Jurusan Kuliah Ilmu Tanah
Prospek Kerja Jurusan Kuliah Arsitektur Lanskap

Program Studi

Beberapa orang mungkin menyebut "Jurusan" memiliki makna yang sama dengan Program Studi, namun sebenarnya keduanya memiliki makna yang berbeda. Jurusan adalah divisi yang spesifik namun lebih luas dibandingkan program Studi. Anda mungkin menemukan Jurusan Kimia, sedangkan program studinya adalah Kimia Organik. Anda juga bisa menemukan perguruan tinggi yang memiliki Program Studi Kimia, hal ini bisa disebabkan karena kampus tersebut baru mengadakan program Kimia. Karena cakupan pendidikan keilmuannya masih relatif sempit dan jumlah dosen masih sedikit, maka program tersebut masih disebut Program Studi. Jika organisasinya sudah cukup besar dan memenuhi kriteria tertentu, maka program tersebut akan disebut sebagai jurusan.
Baca juga:
Kuliah di Jurusan MIPA Kimia
Prospek Kerja Jurusan MIPA Kimia
Prospek Kerja Jurusan Teknik Kimia
Perbedaan Jurusan MIPA Kimia dan Teknik Kimia

Sistem penilaian di perguruan tinggi sangat berbeda dengan sistem penilaian di SMA. Perguruan tinggi termasuk Universitas menggunakan sistem SKS dalam penilaian prestasi mahasiswanya, Anda bisa membaca penjelasannya di artikel Pengertian Satuan Kredit Semester/SKS

Itulah sedikit gambaran tentang struktur organisasi sebuah universitas, tentu artikel ini masih jauh dari lengkap. Seiring waktu kami akan memberikan perbaikan dan pembaruan informasi. Masukan dan koreksi dari teman-teman pembaca juga sangat kami harapkan dan akan kami tanggapi dengan senang hati demi peningkatan kualitas informasi yang kami berikan. Terimakasih.
Baca juga:
Jurusan Kuliah dengan Prospek Lapangan Kerja Paling Luas
9 Masalaha Utama Mahasiswa dan Alternatif Solusinya
Apakah Opspek Masih diperlukan?
Pentingnya Membawa Air Minum Sendiri untuk Mahasiswa
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger