logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Apakah Jurusan Kuliah Pemasaran Sesuai untuk Anda?


Mengapa saya harus belajar marketing? Apakah marketing adalah jurusan kuliah yang tepat untuk saya? Ini adalah pertanyaan yang penting untuk anda jawab sebelum mengambil keputusan akhir apakah anda akan mempelajari illmu pemasaran. Silahkan lanjutkan bacaan ini, barangkali anda bisa mendapatkan sedikit informasi yang bisa anda jadikan pertimbangan.

Beberapa pertanyaan yang penting untuk anda jawab dalam menentukan pilihan anda pada jurusan kuliah pemasaran adalah "kenapa kuliah di jurusan kuliah pemasaran?" dan apakah jurusan pemasaran sesuai untuk anda?" atau "apakah jurusan pemasaran adalah karir yang anda pilih untuk masa depan anda?" dan "apakah itu dapat anda nikmati dalam mengerjakannya?".

Mengapa kuliah di jurusan pemasaran?

Ini mungkin pertanyaan pertama yang harus  Anda tanyakan pada diri sendiri dalammempertimbangkan mengejar gelar bidangpemasaran. Gelar pemasaran akan membuka banyak pintu dalam karir Anda, karena merupakan pekerjaan yang tidak terpisahkan dan dibutuhkan sebagian besar perusahaan. Keterampilan dan teknik yang akan Anda pelajari dalam pemasaran dapat membantu Anda di kemudian hari, jika Anda memutuskan untuk mengejar berbagai jenis gelar seperti manajemen bisnis atau iklan. Ketika Anda belajar marketing, Anda akan memperoleh pengetahuan yang dapat membantu Anda dalam karir terkait dengan bisnis, karena Anda akan memahami pentingnya hubungan konsumen, komunikasi, dan berbagai pemangku kepentingan yang terlibat.
Baca juga:
5 Alasan Kuliah di Jurusan Bisnis dan Manajemen
Perkuliahan dan Prospek Kerja Jurusan Akuntansi
Prospek Kerja Jurusan Manajemen

Apakah jurusan pemasaran tepat untuk Anda?

Pemasaran bukan jurusan untuk semua orang- dan jurusan pemasaran menawarkan karir yang menarik dan bermanfaat, tetapi Anda perlu memiliki kombinasi dari beberapa ciri-ciri kepribadian dan karakteristik untuk berhasil dalam dunia marketing. Meskipun banyakprofesional pemasaran sukses berasal dari latar belakang yang berbeda, ada beberapa kualitas kepribadian yang mereka memiliki yang cenderung sama; Anda harus kreatif dan dapat memotivasi diri, Anda harus mampu bekerja dengan baik dalam lingkungan tim, sangat detail oriented, membuat perencanaan tetapi juga terbuka untuk perubahan menit terakhir, Anda perlu menjadi pemimpin di satu waktu dan menjadi pengikut bila diperlukan, Anda perlu tahu bagaimana untuk tetap up-to-date pada tren, optimis, mampu memahami konsumen Anda, dan sebagainya.
Baca juga:
Menjadi Kreatif di Era Inovasi
Waktu-waktu Saat Kita Menjadi Sangat Kreatif

Apakah Pemasaran/Marketing karir yang baik untuk anda?

Pertanyaan lain yang penting untuk anda tanyakan pada diri sendiri adalah apakah marketing adalah jalur karir yang baik untuk anda pilih? Untungnya posisi pemasaran menjadi prioritas utama di banyak perusahaan di seluruh dunia, sehingga anda tidak akan kesulitan mendapatkan pekerjaan. Pikirkan tentang hal ini, pada dasarnya setiap perusahaan atau merek membutuhkan tim pemasaran. Ketika Anda belajar pemasaran Anda tidak hanya belajar tentang pemasaran dari produk tertentu, Anda akan belajar pemasaran secara keseluruhan dan semua tanggung jawab yang berbeda yang terlibat dalam kerja pemasaran. Setelah Anda lulus, Anda dapat bekerja untuk produsen mobil, makanan, pakaian desainer, selebriti, universitas, dll Ada peluang karir yang sangat luas dalam dunia pemasaran.
Baca juga:
10 Kemampuan Komunikasi Penting dalam Dunia Kerja
Karir di BUMN Lebih Menjanjikan daripada PNS

Apakah menjadi seorang marketer bisa anda nikmati?

Sekarang Anda tahu ada banyak sekali pilihan pekerjaan di luar sana, apa sebenarnya pekerjaan yang dilakukan seorang marketer lulusan jurusan kuliah pemasaran? Standarnya, pekerjaan pemasaran meliputi pengumpulan, penganggaran, dan strategi pemasaran semacam itu, tapi bagaimana dengan aktifitas-aktifitas yang menariknya? Apa yang benar-benar "menyenangkan" dari pekerjaan anda tergantung dari bagaimana anda menjalaninya. Mari kita lihat satu contoh, Nike misalnya: mereka kehilangan kesempatan untuk menjadi sponsor resmi Olimpiade 2012 karena kalah saing dari pesaing terbesar mereka, Adidas. Karena mereka tidak akan mendapatkan semua keuntungan dari eksposur dan manfaat dari menjadi sponsor resmi, mereka harus kampanye pemasaran yang benar-benar hebat untuk mengkompensasi itu. Di situlah kampanye "Find Your Greatness" Nike berjalan.

Kampanye difokuskan pada identifikasi aktifitas atletik sehari-hari Anda. Mayoritas konsumen Nike tidak bersaing di Olimpiade; mereka pemain basket SMA, lari pagi, bersepeda, dan berenang. Nike membuat video yang menakjubkan dan inspiratif tentang atlet-atlet yang mendorong batas-batas kemampuan dan menemukan kebesaran mereka sendiri, maka mereka menggunakan media sosial untuk berbagi video dan melibatkan konsumen mereka. salah satu video ini memiliki lebih dari 4 juta tampilan, dan kampanye Nike adalah fitur di media hampir sama seperti Adidas selama Olimpiade. Apa pesan moral dari cerita ini? tim pemasaran Nike menggunakan pesan inspirasional sebagai tema utama kampanye mereka sehingga konsumen mereka bisa mengidentifikasi mereka dan akhirnya penjualan mereka bisa naik sebanyak yang dicapai Adidas di seluruh dunia. Dan bagian terbaik tentang berbagai hal itu? Nike bahkan tidak menghabiskan setengah jutaan dolar seperti  yang dilakukan Adidas untuk mendapatkan sponsor Olimpiade.
Baca juga:
7 SoftSkill Terpenting dalam Dunia Kerja
Tips Mempersiapkan Diri Menghadapi Dunia Kerja

Kesimpulan

Kesimpulannya, setelah Anda merenungkan pertanyaan "apakah jurusan pemasaran tepat untuk Anda" atau "mengapa anda kuliah di jurusan kuliah pemasaran", pikirkanlah tentang semua kesempatan kerja yang besar, deskripsi pekerjaan yang keren, dan fakta bahwa Anda mungkin memiliki tipe kepribadian yang sempurna untuk unggul dalam dunia pemasaran. Banyak peluang karir yang berbeda yang bisa anda masuki, tidak terbatas dalam satu jenis bisnis atau industri. Setelah Anda lulus dengan gelar pemasaran, putuskan apa jenis pekerjaan pemasaran yang ingin Anda miliki dan wujudkanlah!
Sumber: International Student
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger