logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

15 Tips Untuk Survive di Semester Pertama Kuliah


Dunia kuliah adalah dunia yang sangat berbeda dengan dunia sekolah, perbedaan pada kedua tempat belajar ini mencakup berbagai dimensi yang bisa saja membuat seorang mahasiswa baru keteteran dalam menyesuaikan diri. Perbedaan antara dunia sekolah dan dunia kampus dapat rekan-rekan baca di Perbedaan SMA dan Perguruan Tinggi. Agar tidak keteteran atau kagok dengan perubahan suasana antara sma dan kuliah dan dapat menjalani semester pertama kuliah dengan baik, ada baiknya rekan-rekan mengetahui 15 Tips Survive di Semester Pertama Perkuliahan berikut ini:

1. Bersosialisasi

Temui banyak orang yang Anda bisa, perkenalkan diri anda kepada mereka, tersenyum dan percaya diri. Orang-orang tersebut kemungkinan besar akan menjadi orang yang selalui anda temui dalam tiga atau empat tahun kedepan. Beberapa diantara mereka mungkin akan menjadi teman baik anda, beberapa lainnya mungkin akan membuat urusan anda di bagian akademik lebih mudah.

2. Jadilah diri sendiri

Jangan bergaya seperti orang lain, jangan menunjukkan kepalsuan. Cepat atau lambat orang-orang akan tahu dengan bagaimana aslinya anda. Jadi tunjukkan diri apa adanya, jadilah diri sendiri. Anda akan lebih percaya diri dan lebih memikat banyak orang.

3. Jaga mulut

Simpan pendapat anda tentang kepribadian orang lain sampai Anda tahu siapa yang dapat Anda percaya. Jangan juga terlalu cepat menghakimi orang lain tentang sikap dan kelakuannya. Terlalu cepat menghakimi orang lain akan membuat anda sulit bergaul.

4. Tetap terhubung ke orang rumah

Hubungi orang rumah dan kabarkan kondisi anda kepada keluarga (bahkan jika Anda tidak benar-benar berpikir itu perlu). Mereka mungkin lebih khawatir daripada Anda.
Semua orang biasaya merasa setidaknya sedikit rindu pada rumah dan keluarganya, dan khawatir atau merasa down. Coba untuk berbicara kepada teman-teman yang dapat Anda percaya, dan mungkin anda dapat menulis/menelepon keluarga di rumah.

5. Kirim pakaian kotor ke laundry

Penting untuk tetap berhemat saat kuliah, tapi jaga juga kesehatan dan waktu anda. Semester pertama biasaya adalah berisi waktu kuliah yang sangat padat, karena itu jangan paksakan mencuci baju sendiri.

6. Segarkan tubuh dan pikiran

Sisihkan sedikit waktu untuk refreshing dan meregangkan fisik dan otak. Tidur dan berolah raga adalah dua hal yang penting terkait dengan kesegaran tubuh dan pikiran. Usahakan untuk tidur siang selama 15-30 menit setiap hari. Istirahat sangat penting untuk menjaga vitalitas tubuh. Olah raga setiap pagi dan jalan-jalan seminggu sekali bisa menjadi alternatif untuk menjauhkan stress dari pikiran sekaligus menjaga tubuh tetap bugar.
Baca juga:

7. Ikuti kegiatan ekstrakurikuler kampus/Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Bergabung dengan unit kegiatan kampus memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan kampus dan pasca kampus anda. UKM adalah adalah sarana untuk mengasah softskill anda seperti cara berkomunikasi, pengendalian emosi, dan skill lain yang berhubungan dengan UKM terkait. UKM juga bisa menjadi sarana untuk membangun jaringan anda di luar kuliah, sehingga kelak setelah selesai kuliah, anda akan memiliki jaringan yang relatif luas yang mungkin bermanfaat dalam membangun karir.

8. Perluas jaringan

Jangan terlalu tergantung pada satu kelompok kecil mahasiwa dan mengabaikan orang lain. Anda akan kehilangan kesempatan untuk membangun relasi dengan teman-teman baik lainnya. Relasi dengan banyak orang bisa membuat kehidupan kampus anda lebih mudah dijalani dan mungkin akan sangat berguna setelah anda selesai kuliah nanti.

9. Jaga pergaulan

Usahakan untuk berkumpul dengan teman-teman dengan kelakuan yang baik. Bukan berarti tidak boleh bergaul dengan semua orang, tapi ketahui batas yang wajar dalam berinteraksi antar teman. Jangan biarkan anda terbawa perilaku buruk yang akan merugikan diri sendiri dan mungkin orang lain.

10. Jangan merokok 

Pada dasarnya manusia tidak punya alasan untuk merokok. Kadang ada mahasiswa yang merokok karena merasa masalahnya adalah yang paling berat sehingga menjadikan rokok sebagai pelariannya. Padahal rokok tidak akan mengobati apapun (hingga hari ini) kecuali memenuhi nafsu penghisapnya dan merusak kesehatan.
Baca juga: 5 Cara Mengatasi Stress Mahasiswa

11. Memasak sendiri

Memasak berbeda dengan mencuci pakaian, jika mencuci pakaian sebaiknya anda bawa k binatu, makanan sebaiknya anda masak sendiri. Pertama, memasak sendiri akan jauh lebih murah daripada membeli makanan jadi di warung makan. Kedua, dengan memasak sendiri anda bisa mengontrol keamanan makanan yang anda makan.

12. Manajemen waktu

Saat sekolah, waktu kita sehari-hari sangat jelas, pagi pukul 7 hingga siang sekitar pukul 13 hingga 14 kita habiskan di sekolah. Begitu setiap harinya. Di kampus, waktu ini bisa menjadi sangat fleksibel. Lakukan adaptasi dengan cepat.
Mahasiswa perlu bersosialisasi, tidak ada masalah jika sekali atau dua kali nongkrong di kafe atau warung kopi. Selain bersosialisasi, nongkrong atau ngopi bisa menjadi salah satu sarana untuk refreshing. Tapi jangan sampai terlalu sering, atur waktu hangout dengan teman agar tidak membuat kacau waktu belajar dan istirahat. Kuatkan semangat untuk dan dengan bangun pagi. Jika pagi hari bisa di jalani dengan baik, waktu-waktu selanjutnya akan relatif lebih mudah untuk dijalani.
Baca juga:

13. Budgeting

Ada mahasiswa yang dibekali banyak uang, ada yang sangat terbatas keuangannya. Yang manapun anda, rencanakan keuangan selama awal kuliah ini, dan pada waktu-waktu selanjutnya. Terlalu boros dapat menghadapkan anda pada resiko kelaparan. Pastikan anda selalu memiliki tabungan untuk saat-saat terdesak. Untuk masa awal kuliah ini, sebaiknya jangan dulu mencari kerja sambilan, tapi jika anda merasa mampu, anda bisa melakukannya dengan tetap menjaga waktu dan stamina untuk kegiatan yang utama, yaitu kuliah.
Baca juga: Kerja Part time untuk Mahasiswa

14. Bersungguh-sungguh

Anda berada di Uni selama beberapa tahun, karena itu lakukan hal-hal terbaik yang anda bisa. Kuliah akan berlalu begitu saja, karena itu manfaat waktu tersebut sebaik mungkin untuk mendapatkan nilai yang baik. Nilai C ke bawah kemungkinan akan membuat semester-semester selanjutnya agak berat dijalani.
Baca juga:

15. Jalani dan nikmati

Anda hanya sekali mengalami masa awal kuliah, jadikan masa ini sebagai waktu yang berkesan, jalani dengan bersemangat, nikmati setiap prosesnya. Orang bilang masa sma adalah masa terindah, maka masa kuliah adalah masa terbaik. Hadapi dunia yang baru ini dengan keyakinan dan kepercayaan diri. Enjoy your study!
Baca juga:
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 comments

good think

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger