logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Peluang Kerja dalam Bidang Energi Terbarukan

Apakah anda Ingin mengubah dunia dan menarik perhatian pengusaha agar mau mempekerjakan anda? Ternyata Anda bisa melakukan keduanya sekaligus! Peluang kerja dalam energi terbarukan pada saat ini sedang meningkat - dan dengan kurangnya keterampilan saat ini, sekarang adalah waktu yang tepat untuk berlatih.

Dalam artikel ini, kami menjelajahi:

  • Apa itu energi terbarukan?
  • Pekerjaan energi terbarukan apa yang paling dicari?
  • Apa pekerjaan yang berbeda dalam energi terbarukan yang dapat Anda lakukan?
  • 'Karier di bidang energi terbarukan sangat bagus untuk planet ini dan sangat bagus untuk dipekerjakan'


Apa itu energi terbarukan?

Tentu Anda ingat pelajaran sekolah tentang energi terbarukan, yaitu dari pelajaran geografi, energi dapat dihasilkan dari sumber yang terbarukan dan tidak terbarukan. “Bahan bakar fosil" seperti batu bara, gas dan minyak terbuat dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan yang mati, adalah contoh sumber energi yang memerlukan waktu jutaan tahun untuk terbentuk. Ini berarti kita tidak dapat menggantinya secepat yang kita gunakan, jadi kita  menyebutnya "tidak terbarukan".

Kita juga dapat memanfaatkan energi dari sumber daya yang tidak akan habis dalam hidup kita, seperti angin, matahari (matahari), pasang surut (pasang surut), gelombang (laut), air yang mengalir (hidroelektrik), dan bahkan makhluk hidup (bioenergi) . Bentuk sumber energi inilahyang kita sebut sebagai "energi terbarukan". Kayu juga dapat dianggap sebagai sumber energi terbarukan, karena pohon dapat ditanam kembali – meskipun relatif tinggi-polusi, karena kayu dibakar untuk menciptakan energi.
"Apa bidang ini bisa menjai karir untuk saya?
Anda mungkin berpikir semua itu sangat jauh dari jalur karir Anda. Mungkin anda perlu mempertimbangkannya lagi!
Dengan pemerintah di seluruh dunia yang bekerja untuk mengatasi perubahan iklim, energi terbarukan adalah peluang bisnis besar. Di seluruh dunia, hampir 10 juta orang bekerja dalam bidang energi terbarukan pada tahun 2016. Menurut ONS (statistik pro resmi), 48.000 orang bekerja di bidang energi terbarukan di Inggris pada tahun 2015 - bagian dari 234.000 orang yang bekerja di bidang ekonomi karbon ”.

Saat ini, kebutuhan tenaga kerja di sektor ini masih sangat kurang - khususnya dalam peran seperti ekologi dan teknik. Pemerintah berbagai negara saat ini memiliki target untuk mengurangi ketergantungan pada sumber yang tidak terbarukan, meningkatkan penggunaan energi terbarukan sebagai gantinya.

Hanya sekitar 15% energi di Inggris berasal dari sumber terbarukan saat ini, yang berarti jalan masih sangat panjang. Kemungkinan lebih banyak pekerjaan akan dibuat di sektor terbarukan selama beberapa tahun mendatang. Jadi jika Anda ingin mengubah dunia, kuliah untuk pekerjaan di bidang energi terbarukan bisa menjadi langkah yang cerdas!


Area apa yang bisa kita kerjakan?

Anda mungkin sudah bisa menebaknya - energi terbarukan adalah bidang kerja yang cukup besar. Ada banyak jenis energi terbarukan yang sudah kami bicarakan. Di Indonesia, air panas bumi dan angin adalah bidang yang mempekerjakan banyak orang, sementara secara global, matahari adalah sumber energi terbarukan terbesar.

Menurut Asif Rehmanwala, kepala Ecotricity perusahaan energi hijau, bidang energi terbarukan saat ini  masih sangat kekurangan orang-orang yang kompenten dalam bidang-bidang berikut:
  • Teknik
  • Ilmuwan
  • Ahli ekologi
  • Lansekap dan 
  • Analis angin
Jika Anda belajar di salah satu bidang ini, peluang Anda tidak akan terbatas hanya pada energi terbarukan. Seperti halnya banyak spesialis "STEM" (sains, matematika, teknik, teknologi), bidang-bidang ini sangat dicari di berbagai bidang pekerjaan.

Seperti yang kami katakan, pekerjaan dalam energi terbarukan dapat ditemukan di seluruh dunia. Sinar matahari adalah sumber energi terbarukan dengan kekuatan yang luar biasa yang sangat melimpah di Indonesia, penggunaan energi matahari di masa depan akan sangat menjanjikan.

Ada 5 area utama bidang energi terbarukan:

1. Perencanaan

Sebelum pembangkit enegeri matahari, angin atau jenis energi terbarukan lainnya dibangun, tim harus memutuskan tempat terbaik untuk meletakkannya. Para ahli dari beberapa bidang seperti: Ahli Kelautan, Ahli Geografi, Perencanaan Lansekap atau Analis Angin melakukan survei lingkungan dan menganalisis semua informasi yang telah mereka kumpulkan. Para perencana bekerja sama dengan pemerintah, dewan lokal, dan masyarakat untuk memastikan dampak pada semua hal mulai dari satwa liar hingga harga properti yang perlu diperhitungkan.

2. Desain

Insinyur mekanik, Teknik Sipil dan bahkan Perangkat Lunak membuat desain dengan cara terbaik untuk mengatasi tantangan tertentu dari tapak yang dipilih. Pakar Koneksi Jaringan bekerja bagaimana menghubungkan tapak ke jaringan listrik, sementara teknisi yang berbeda memilih peralatan terbaik untuk memulai konstruksi.

3. Konstruksi

Pekerjaan konstruksi dimulai. Manajer proyek mengawasi setiap bit dari proses, sementara manajer situs mengarahkan pekerja konstruksi. Manajer kontrak memilih perusahaan terbaik untuk memasok peralatan dan material, dan mencari perusahaan lain untuk melaksanakan sebagian kecil proyek. Insinyur sipil mengawasi dan meninjau konstruksi untuk menangani masalah baru dan memastikan semuanya berjalan sesuai rencana. Cablers meletakkan jaringan.
Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Manajemen

4. Maintanance

Setelah pembangkit energi tersebut berdiri dan berjalan, staf di lokasi melakukan pemeliharaan umum dan pekerjaan perbaikan untuk memastikan stasiun berjalan seefisien dan seaman mungkin, dan tetap terhubung ke jaringan. Para pengawas memastikan standar dan hukum dipenuhi.

5. Support

Seperti organisasi lain, perusahaan energi terbarukan bergantung pada sejumlah besar tenaga dari berbagai bidang untuk membuat semuanya terus berjalan dengan baik. Beberapa diantaranya misalnya:
  • Tim Humas Komunikasi yang membangun kesepakatan dengan media dan publik. 
  • Tim Pemasaran yang menjual energi kepada pelanggan. 
  • Tim layanan pelanggan menangani pelanggan yang sudah ada. 
  • Tim sumber daya manusia (SDM) bertanggung jawab untuk merekrut dan menjaga staf.
  • Badan dan tim fasilitas merawat dan mengelola lahan yang dimiliki oleh perusahaan. 
  • Tim Keuangan (Akuntansi) mengurus uang masuk dan keluar.
  • Departemen Hukum mengurus semua masalah hukum. 
Kami harap kami telah menunjukkan kepada Anda bahwa bukan hanya insinyur teknik yang bisa bekerja dalam energi terbarukan. Apa pun jurusan kuliah yang Anda pilih, mungkin ada karier untuk Anda, dan dengan pekerjaan baru dalam energi terbarukan yang diciptakan di seluruh dunia sepanjang waktu, akan ada lebih banyak peluang di masa depan. Energi terbarukan bukan satu-satunya cara Anda dapat membantu planet ini.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

Terima kasih infonya, kami masukkan Anda sebagai salah satu referensi. Trims.

Balas

Terimakasih.

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger